Diansusanti09's Blog

Just another WordPress.com weblog

Dosen Matematika FMIPA, UNRAM April 8, 2010

Filed under: Uncategorized — diansusanti09 @ 2:29 am

Nama : Marwan M,Si

TTL : Seteluk ( Kabupaten Sumbawa Besar ),5 oktober 1971

Asli : sumbawa

Alamat : JL. Kesra 8 No.18 Mataram

Bidang ilmu : Matematika Terapan

Hobi : menghabiskan waktu senggang dengan main gitar dan main catur

Makanan favorit : makanan khas daerah ( sumbawa ) terutama sepat

Motto : bersyukur dalam kejayaan dan bersabar dalam kejayaan

Prestasi : Saat di SMA kelas 2 meraih  juara IV  IMO tingkat kabupaten lombok barat.

Buku yang menginspirasi : – The Woman

–         Laskar Pelangi karya Andrea Hirata

–         Sama karya Ayu Lestari

Riwayat hidup :

– SD Negeri 1 Seteluk

– SMP Negeri 1 Seteluk

– SMA Negeri 2 Mataram

– S1 UGM ( 1991-1996)

– S2 ( 1998-2001 )

Salah satu dosen Matematika yang terkenal humoris dengan kata-kata romantisnya awalnya tidak pernah bercita-cita untuk menjadi dosen. Sebenarnya citi-cita beliau adalah ingin bekerja di wiraswasta gara-gara gajinya yang lumayan besar. Tetapi inilah perjalanan hidup yang terbaik untuknya  saat ini karena menurut beliau sesuatu yang baik bahkan yang terbaik itu kadang-kadang tidak terlihat sekarang tetapi akan terlihat di masa yang akan datang. Jadi apapun yang beliau lakukan sekarang sangat dinikmatinya.

Di tahun 1997-1998, tepatnya setelah lulus S1 UGM beliau sempat menganggur gara-gara adanya krisis ekonomi kira-kira 2 tahunan. Tetapi selama menganggur beliau terus berusaha mencari peluang kerja yang ada saat itu. Beliau mencoba untuk mendaftar ke Astra International tetapi sampai tes wawancara beliau gagal. Kemudian beliau mendaftar untuk menjadi dosen STT Telkom tapi masih gagal juga. Dan hal yang tidak di sangka-sangka ada informasi di kompas tentang adanya penerimaan dosen melalui beasiswa yang bernama beasiswa karya siswa untuk Indonesia bagian Timur,kemudian beliau mendaftar pada tahun 1998 dan memilih ke UNRAM untuk menjadi dosen. Program beasiswa itu menerima kita jadi dosen ketika kita sudah lulus dari S2 nya.

Dosen yang mengawali kariernya sebagai dosen di fakultas teknik sipil pada tahun 2001 kemudian tahun 2002/2003 pindah ke fakultas MIPA dan menjadi dosen di prodi Biologi dan di tahun 2006-sekarang menjadi dosen tetap di fakultas MIPA khususnya di prodi Matematika ini mengaku sangat menyukai Matematika karena sampai saat ini pelajaran yang dianggap mudah yaa Matematika karena yang memotivasinya sampai saat ini adalah rekor NEM yang di raihnya saat duduk di bangku SMP yaitu untuk nilai pelajaran Matematikanya beliau mendapat nilai 9,6. Malah menurut dosen lulusan UGM tahun 1996 ini pelajaran yang dianggap sulit adalah kimia.

“ selama menjadi dosen pasti lah ada suka dukanya.

Sukanya itu,saya suka kerja menghadapi manusia dan kalau jadi dosen itu bisa lebih santai. Sedangkan dukanya itu, ketika maksud kita tidak sampai ke orang lain,terus saat kita mengajar di kelas tetapi tidak di anggap,kita di acuhkan oleh mahasiswa.” curhat dosen yang sangat menyukai makanan khas daerah(sumbawa) terutama sepat.

Dosen yang dalam kesehariannya  paling tidak suka dibohongi ternyata masih memiliki cita-cita yang belum kesampaian sampai saat ini. Beliau ingin melanjutkan sekolahnya ke jenjang S3. cita-citanya itu muncul karena obsesinya mengembangkan Matematika untuk daerah lombok dan sekitarnya. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa saat ini kita masih membutuhkan orang yang lebih banyak lagi di bidang Matematika.

Adapun pesan dan kesan yang beliau rasakan selama menjadi dosen di UNRAM inikhususnya MIPA. Setelah mengamati prilaku dan tingkah laku mahasiswa saat mengajar,beliau menyimpulkan bahwa pada dasarnya mahasiswa sekarang cenderung malas,mereka suka yang sederhana seperti langsung ke contoh soal saja. Berbeda dengan mahasiswa zaman dahulu yang memiliki idealisme yang tinggi. Kalau mahasiwa zaman dulu lebih rajin dan mereka lebih suka mengerjaka yang sulit dulu,karena mereka memilih untuk bersakit-sakit dahulu baru kemudian bersenang-senang.

“ atau jangan-jangan mahasiswa sekarang saat masih duduk di bangku SMA pelajaran matematikanya belum beres atau bahkan terlalu tinggi pelajaran matematikanya sehingga saat mereka masuk di perguruan tinggi mereka sudah jeuh duluan.” Ucap dosen kelahiran 5 oktober1971 ini.

Selain kesan,ada juga pesan beliau untuk para mahasiswa,Fakultas MIPA dan yang bercita-cita menjadi dosen kelak.

v     Pesan untuk para mahasiswa

jangan malas, hidup itu harus berkeringat. Beliau ingat sebaris puisi dari W.S.Rendra yang berbunyi : Hidup yang disyukuri adalah hidup yang di olah atau di kembangkan. Dan ada lagi kata-kata agnes monica yang beliau kutip yaitu life is never flat.

Ingat segala kemungkinan bisa saja terjadi dalam hidup ini,tidak bisa di pastikan pada detik berikutnya.

v     Pesan untuk Fakultas MIPA

Saya berharap Fakultas MIPA ini cepat di perhatikan karena masih “kacau balau/verserakan” dan harus lah hak-hak kita dipenuhi.

v     Pesan untuk mahasiswa yang mau jadi dosen

  1. harus ingat Tridarma yaitu :

– pendidikan dan pengajaran

– penelitian

– pengabdian masyarakat

  1. jangan gagap teknologi ( gaptek )

perhatikan cara mengajar yang baik dengan LCD dan computer ,yaa paling tidak kuasai power point.

 

2 Responses to “Dosen Matematika FMIPA, UNRAM”

  1. Synansari09 Says:

    Mottonya bersyukur dlm kejayaan bersabar dlm kejayaan yan,?? He.

  2. Jane Says:

    Wah mantap nih dosennya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s